Jumat, 03 Agustus 2012

Kenapa Memilih Teknik Industri?


Pemilihan suatu jurusan untuk melangkahkan kaki ke dunia kerja sangat penting. Dan menurut saya sendiri, Teknik Industri-lah yang paling cocok dengan saya. Teknik industri tidak memiliki spesialisasi di satu bidang tertentu. Teknik Industri dapat menguasai banyak bidang. Itu tergantung kepada seseorang yang mempelajari bidang tersebut. Yang telah saya ketahui tentang Teknik Industri bukan hanya mempelajari tentang ilmu teknik dan sedikit ilmu manajemen tetapi juga mengajarkan sebuah mindset berpikir intergrasi, pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan atau disebut dengan design serta melihat sesuatu sebagai sebuah sistem secara menyeluruh sehingga keputusan yang saya ambil untuk memberikan solusi. Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi. Hal ini membuat mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang diajarkan untuk memecahkan masalah-masalah yang tidak hanya terbatas pada bidang teknologi. Selain itu, jurusan Teknik Industri memiliki prospek yang luas dan menjanjikan, dan juga keprihatinan saya dengan ironi yang ada di Indonesia. Terakhir, alasan saya memilih Teknik Industri karena pengindustrian Indonesia yang sedang berkembang dan  membutuhkan tenaga kerja dari jurusan teknik terutama Teknik Industri. Alasan-alasan tersebut memotivasi saya untuk berupaya sebaik-baiknya dalam menekuni Teknik Industri. Segala sesuatu dalam hidup tergantung pada pilihan dan saya percaya pilihan saya masuk Teknik Industri adalah pilihan yang tepat untuk hidup saya.
.

Sekian,

Terima kasih